7 cara untuk menghemat BBM nih

 

toyotaklaten.co.id - Jaman sekarang masyarakat berusaha untuk lebih irit dalam segi pemakaian BBM karena harga BBM yang mahal. Tetapi dengan pola hidup yang boros dan malas, kabanyakan masyarakat memilih menggunakan kendaraan untuk menuju tempat yang di inginkan walupun sebenarnya tempat itu bisa di tempuh dengan berjalan kaki. Tetapi jika memang tempat yang ingin dituju lumayan jauh bisa juga menggunakan kendaraan, hanya saja harus dengan cara yang tepat dan aman, pengemudi harus tahu bagaimana cara dan teknik mengemudi yang baik dan yang pasti hemat BBM. Tapi untuk lebih jelasnya berikut tips menyetir mobil hemat BBM.

  1. Selalu cek mesin kendaraan, pastikan kondisinya selalu prima.

memeriksa mesin mobil

Kondisi mesin yang prima akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil. Itulah kenpa penecekan rutin harus dilakukan. Untuk mengecek cukup hidupkan mesin dan dengarkan bunyinya, bunyi mesin normal pasti terdengan halus sesuai jenis mobil itu sendiri. Jangan lupa juga servis secara rutin.

  1. Hindari pengereman mendadak dan akselerasi yang terlalu berlebihan.

Mengerem mobil memdadak akan mengikis ren dengan cepat, cara nyetir hemat BBM yang bener yaitu dengan menginjak pedal gas secara perlahan dan bertahap, jangan langsung menginjak dalam-dalam, selain boros BBM, cara berkendara ini juga sangat berbahaya.

  1. Jaga RPM Mesin

RPM mobil

Mengoper gigi pada mesin juga ada tekniknya, agar lebih hemat bensin kamu harus tahu kapan harus mengganti gigi, jangan sampai menunggu hingga mesin berdengung keras bar mengoper gigi, selain itu juga agar kendaraaan melaju secara konstan pada RPM tersebut.

  1. Pastikan ban memiliki cukup udara

tekanan ban mobil

Ban mobil yang kurang angin bisa menyebabkan gesekan yang lebih besar, khususnya antara ban mobil dengan jalan, akibatnya traksi ban akan berkurang dan mobil akan semakin terbebani, mengisi angin ban terlalu banyak juga tidak baik untuk keamanan. Dengan memiliki udara yang cukup pada ban, konsumsi BBM akan bisa lebih hemat 5% sampai 20%.

  1. Pilih bahan bakar yang berkualitas

Hal seperti ini mungkin banyak diremehkan, tapi perlu di ketahui, jenis BBM yang digunakan juga bisa membantu kamu untuk lebih menghemat BBM, pilih BBM yang sesuai dengan di rekomendasikan oleh pabrik, jangan sampai menggunakan yang murah untuk menghemat tetapi malah akan mengotori mesin dan membuat kamu malah lebih boros.

  1. Jangan nyalakan AC jika tidak dibutuhkan

AC memang mampu membaha kesejukan, tetapi jika tidak penting sebaiknya jangan dinyalakan karena akan mengebabkan kegerahan kantong. AC yang menyala akan membebani mesin, terlebih jika suhunya sangat rendah, jika ingin menyalakan AC gunakanlah suhu antara 2023 0 C. dengan demikian beban yang harus ditanggung oleh mesin bisa sedikit berkurang.

  1. Selalu gunakan momentum

memanfaatkan momentum berkendara

Setiap kali mendekati pertigaan, perempatan atau lampu lalu lintas, tentu pengemudi harus menurunkan laju kendaraannya. Akan tetapi daripada menginjak rem pada saat kendaraan sudah berada terlalu dekat dengan pertigaan atau perempatan, sebaiknya kurangi kecepatan beberapa meter sebelum mencapai titik tersebut. Injak rem hanya pada saat kendaraan sudah hampir mencapai titik dimana Anda harus berhenti. Jika kebiasaan ini telah terbangun, Anda bisa jauh lebih hemat BBM.

 

 

 

Informasi Harga, Promo & Bonus Pembelian Mobil Baru Toyota di Klaten Bayat, Cawas, Ceper, Delanggu, Gantiwarno, Jogonalan, Juwiring, Kalikotes, Karanganom, Karangdowo, Karangnongko, Kebonarum, Kemalang, Manisrenggo, Ngawen, Pedan, Polanharjo, Prambanan, Trucuk, Tulung, Wedi, Wonosari, Klaten Kota, Jatinom, Boyolali.
Anda dapat menghubungi, ARIE :
Telkomse l/ WA : 0852-2774-8934
Indosat : 0856-4123-1909
XL : 0819-1549-4772
PIN BB : D046DB82
  • Tags: